Animasi berasal dari bahasa latin yaitu
“anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan animasi secara utuh
diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan
oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek
dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu :
animasi cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path, animasi spline, animasi
vektor, animasi clay, morphing, animasi digital dan animasi karakter.
1. Animasi frame Animasi frame merupakan animasi
yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang
bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per
second). Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang
berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian
rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia
Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering
digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan
teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script. Pada
program flash terdapat 2 (dua) jenis animasi yaitu Animasi Motion Tween dan
Animasi Shape Tween.
·
Motion Tween Motion Tween adalah
pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh
anda ingin menggerakan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion
tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek,
untuk contoh animasi Tween bisa anda lihat gambar dibawah ini.
·
Shape Tween Shape Tween adalah perubahan
bentuk dari suatu objek ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang dianimasikan
harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar
dibandingkan motion Tween.
·
Animasi frame to frame: adalah animasi
yang jarang sekali di buat oleh orang- orang,karena sulit membuatnya juga
memakan banyak memori
2. Aimasi sprite Pada animasi ini setiap objek
bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi
disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek
dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps
yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing- masing objek
sprite. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan
bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam
Macromedia Director.
·
Movieclip adalah Simbol dalam Flash yang
digunakan untuk membuat objek animasi. Movie Clip sebenarnya adalah sebuah
animasi yang berjalan sendiri pada sebuah scene sehingga dia memiliki timeline
tersendiri dan pergerakannya pun menyendiri.. Contoh : sebuah film animasi
orang berjalan.. jika kita buat seakan akan asli matanya pasti akan berkedip
terus nah karena melelah kan bikin mata berkedip setiap 1 frame maka dibuat lah
sebuah movie clip sehingga kedipan mata akan terus terjadi dangan animasi yang
berulang Button adalah sebuah tombol didalam flash yang dibuat untuk lebih
terjadinya hubungan interaksi antara user dengan flash animasi. Contoh simpel
adalah sebuah game flash yang ada di games.co.id disana setiap animasi yang
dapat diklik adalah button Graphic hampir sama dengan movie clip tetapi dia
tidak bergerak dan fungsi ada nya graphic ini adalah untuk memasukan kedalam
library sebuah image atau objek yang sengaja tdak digerakkan agar tidak melelah
kan user dalam menggambar ulang dan juga memiliki hubungan instance (saling
berhubungan jika 1 objek berubah maka yang lain juga akan berubah) Maaf CMIIW
ya... salah khilafnya mohon maaf makasih.